Asal Mula F.A Premier League

F.A Premier League, Awal terbentuk F.A Premier League merupakan liga tertinggi yang ada di dataran Inggris, biasa di kenal dengan sebutan  Premier League Inggris. Sebelum menjadi Premier League ini hanya kompetisi tertinggi untuk wilayah Inggris, sampai mendapat sponsor dari Barclays Bank. Sehingga kompetisi ini di beri naman Barclays Premier League.

f-a-premier-league-awal-terbentuk

Ketika tahun 1992 banyak klub besar yang keluar dari kompetisi liga Inggris tertinggi tersebut, hingga membuat kesepakatan dengan stasiun televise. Kesepakatan yang sangat menguntungkan di tanggal 20 February 1992, maka merubah system kompetisi dan berganti nama menjadi F.A Premier League, dengan jumlah peserta 22 klub untuk musim pertama. Situs ini akan membahas semua tentang klasemen liga inggris terbaru .

Setelah kesepakatan ini Premier League disiarkan 212 wilayah dan mendapat penonton 643 juta siaran, bahkan di tahun 2010-11 penonton meningkat menjadi 35.363 dan menjadi jumlah terbanyak ke 2. Selain itu F.A Premier League juga mendapat penghargaan koefisien liga, diberikan oleh UEFA setelah 5 tahun terakhir bertanding.

Sedangkan untuk wilayah Indonesia sendiri untuk musim 2016-2017, Premier League disiarkan oleh MNCTV dan RCTI. Ada juga stasiun TV lain namun berbayar yang ada di Indonesia, seperti Big TV, Transvision dan First Media. Sedangkan TV pra-berbayar adalah Orange TV.

Sebelum sampai seperti sekarang ini Premier League melalui jalan yang cukup panjang, ketiak di tahun 1970-80 klub Inggris menjadi sukses. Namun pada akhir 1980 banyak klub yang mengalami kesulitan, pasalnya klub Inggris di larang ikut kompetisi di Eropa paska Tragedi Heysel tahun 1985. Sehingga pendapatan liga Inggris menurun, selain itu pemain top mereka pindah ke luar negri.

Saat tim nasional Inggri masuk semi final Piala Dunia FIFA di tahun 1990, menjadi awal kebangkitannya. Sebab larangan klub Inggris ikut kompetisi Eropa akhirnya di cabut oleh UEFA, bahkan pada tahun 1991 Manchester United meraih trofi juara UEFA. Selanjutnya Taylor membuat standard stadion, bahwa semua penonton harus mendapat kursi, terbit Januari 1991.

The Fotball League telah mendapat 6.300.000 Euro di tahun 1986 untuk perjanjian selama 2 tahun, mengingat pendatan dari stasiun TV ini sangat penting. Setelah perjanjian ini diperbarui pada tahun 1988, totoal yang di terima naik drastic sebesar 44.000.000 Euro untuk 4 tahun.

Sejak perjanjian tahun 1988 ini akar berubah nama menjadi F.A Premier League, pasalnya ada 10 Klub besar Inggris yang mengancam akan keluar dari Football League. Membentu liga baru dengan nama “Liga Super”, namun hal tersebut tidak di biarkan begitu saja.

Sampai pada akhirnya membuat proposal sebagi penutup musim 1991-1992, dengan membentuk liga baru yang menghasilkan banyak uang. Setelah itu di tanda tangani oleh pendiri liga tanggal 17 Juli 1991 dan 5 klub teratas di Inggris, untuk menetapkan prinsip dasar dari F.A Premier League.